Kelebihan dan Kekurangan Windows 7


kelebihan dan kekurangan windows 7Kelebihan dan Kekurangan Windows 7Windows 7 adalah sistem operasi dari Microsoft yang cukup populer di kalangan penggunanya. Menurut beberapa ahli, sistem operasi ini menutup beberapa kekurangan yang ada pada Windows Vista, sistem operasi pendahulu sebelum Windows 7. Penetrasi Windows 7 ini sangat besar dikarenakan banyak komputer terutama laptop yang dijual dengan Windows 7 yang sudah dipasang didalamnya. Bahkan beberapa laptop terbaru mengharuskan penggunaan Windows 7 pada produk mereka dikarenakan sistem yang digunakan sangat baru dan tidak disediakan driver untuk sistem operasi lainnya.
Namun seperti yang sudah-sudah, produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang berimbang. Oleh karena itu hendaknya kita mengenali dulu seperti apa Windows 7 tersebut sebelum anda membelinya sebagai sistem operasi untuk komputer anda.

Windows 7 dan spesifikasi hardware yang mendukungnya

Untuk dapat menggunakan Windows 7 dengan baik dan mulus, sebuah komputer atau laptop setidaknya harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  • Spesifikasi hardware grafis untuk Windows 7 sudah harus mendukung DirectX 9. Laptop atau komputer yang ingin menggunakan Windows 7, harus mendukung DirectX sekurang-kurangnya versi 9.
  • Spesifikasi harddisk untuk Windows 7 kapasitasnya harus besar. Hal ini dikarenakan dengan kecanggihan yang dimilikinya, Windows 7 membutuhkan banyak sekali file dalam sistemnya. Hal ini tentu saja berimbas pada pemakaian space pada harddisk. Minimal sediakan 16 GB ruang kosong untuk memasang Windows 7.
  • Spesifikasi RAM untuk Windows 7 harus berlebih. Komputer atau laptop yang menggunakan Windows 7 harus memiliki RAM minimal sebesar 1 GB, direkomendasikan 2 GB untuk kelancaran menjalankan aplikasi.
  • Spesifikasi prosesor untuk Windows 7 minimal berkecepatan 1 GHz dengan sistem 32 bit atau 64 bit. Jika anda memiliki prosesor yang berjenis dual core adalah lebih baik.

Kelebihan Windows 7

Kelebihan Windows 7 adalah dapat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi minimum untuk jaman sekarang, seperti Intel Atom N450 dengan kapasitas memori 1 GB. Jenis Windows yang cocok adalah Windows 7 Starter Edition. Namun jika memori yang dimiliki kurang dari 1 GB, maka jalannya Windows 7 tidak akan normal dan tidak cukup efektif. Selain itu kelebihan lain dari Windows 7 adalah memiliki konsumsi daya yang irit dan lebih stabil. Windows 7 juga memiliki waktu booting yang lebih cepat daripada sistem operasi terdahulu. Booting yang cepat tersebut berpengaruh pada proses pemanggilan data dari harddisk, sehingga ini menjadi keunggulan dari Windows 7.

Kekurangan Windows 7

Walaupun Microsoft sudah berusaha sekuat tenaga untuk menjadikan Windows 7 sebagai sistem operasi yang baik, namun tentu saja masih ada kekurangan yang bisa kita lihat. Ada beberapa software yang belum support Windows 7, terutama software yang tidak dikembangkan dengan baik dan tidak memiliki jalinan kerjasama dengan Microsoft. Beberapa hardware belum bisa berjalan normal dan terkadang driver yang digunakan harus menggunakan driver dari pembuatnya, tidak langsung plug-n-play. Untuk itu teliti dahulu hardware anda apakah sudah support dengan Windows 7 atau belum dengan cara mengunjungi website pembuat hardware yang anda miliki. Teliti sebelum membeli adalah hal yang terbaik, daripada menyesal di kemudian hari.
Nah itu tadi Kelebihan dan Kekurangan Windows 7 Semoga bermanfaat buat sobat semua :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Belajar Komputer dengan judul Kelebihan dan Kekurangan Windows 7. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://komputergalau.blogspot.com/2012/09/kelebihan-dan-kekurangan-windows-7.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin - Senin, 24 September 2012

Belum ada komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Windows 7"

Posting Komentar